2/07/2020

CARA MENGUBAH FILE JPG MENJADI FORMAT PDF

Biasanya file hasil scan disimpan dalam format JPG, format ini yang paling umum digunakan untuk menyimpan file berupa gambar. Selain bisa dibuka di media apa saja, file format jpg juga memiliki ukuran file yang relative kecil. Tetapi masalah akan muncul ketika kita akan mengubah file jpg atau membuat file dokumen dengan format PDF, sebagian orang mungkin akan bingung, apa itu PDF dan bagaimana cara mengubah file jpg menjadi format pdf. PDF sendiri kependekan dari Portable Document Format, file dengan extensi ini dikembangkan oleh Adobe Systems. File pdf bisa berupa file dokumen maupun gambar. Tidak hanya itu, kamu bisa melengkapi file PDF dengan tombol interaktif, tautan, video, dan masih banyak lagi. Format pdf paling banyak digunakan untuk mengirimkan file lamaran pekerjaan atau surat-surat penting pemerintah ataupun perusahaan.  Kenapa file pdf sangat sering digunakan, karena file dalam  format pdf tidak akan berubah meskipun dibukan dengan program apapun (program yang mendukung system oprasional pdf). Berbeda dengan file dari word yang paling sering digunakan masyarakat, file dengan extensi doc/docx akan mudah berubah/acak-acakan jika menggunakan seri dibawahnya atau office yang lebih rendah, meskipun sama-sama dibuka dengan program microsof word. 

Semoga penjelasan saya diatas sedikit memberikan pemahaman akan perbedaan file jpg dan pdf. Nah sekarang kita mulai cara mengubah file jpg menjadi pdf dan menggabungkannya.

Langkah pertama, buka program corel setup ukuran kertas yang kita inginkan, klik File – New – Tentukan ukuran kertas yang kita inginkan





Langkah kedua, masukan File yang berupa format jpg, masukan dengan cara; klik File – Import – Ambil file jpg yang akan kita ubah formatnya menjadi pdf.







Langkah ketiga, setelah file jpg masuk, atur urutan halaman, mana yang akan dijadikan halam 1, 2, 3 dan seterusnya. Untuk penambahan halaman klik tanda (+) pada page bagian bawah.







Langkah keempat, setelah urutan file udah benar klik File – Publish to PDF – Kasih nama file dan tentukan lokasi penyimpanan file.






Langkah kelima, ini adalah langkah akhir, cek file hasil convert apakah sudah benar






Jika hasilnya seperti ini berarti anda telah berhasil, untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video tutorialnya di sini https://www.youtube.com/watch?v=xicbyCxeM8Q


Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar