2/24/2020

Cara Membuat Bingkai / Border pada Microsoft Word

Bingkai merupakan bagian pemanis atau hiasan saat kita membuat sebuah karya tulis, bingkai bisa mempercantik hasil tulisan kita, dengan tambahan bingkai yang menarik itu akan membuat orang lebih terkesan. Bingkai biasa digunakan untuk menghias sisi tepi sebuah puisi, piagam, cover, daftar menu dan lain-lain. Karena banyak sekali orang yang ingin memberikan bingkai pada ketikannya tapi bingung bagaiman cara membuatnya. Maka kali ini saya akan membahas cara membuat bingkai dengan program Microsoft Word. Karena sebagian besar masyarakat kita membuat sebuah karya tulis melakukan kegiatan ketik mengetik menggunakan program Microsoft word.
Langkah pertama kita buka program Microsoft word, disini saya menggunakan office 2010. Tapi jangan kuatir karena cara ini juga ada pada office 2003 – 2010. Mungkin tampilannya dan letaknya saja yang beda tapi untuk nama dan fungsinya sama.
          Setelah program Microsoft word terbuka seperti ini







Set jenis kertas yang akan kita pake, klik pada Page Layout – Klik bagian pojok kanan pada Page Setup, masuk ke Paper size – pilih kertas A4 dengan menekan tanda panah ke bawah. Kemudian Ok


Setelah lembar kerja terbuka, Pilih Design – Page Borders – pada pilihan Art, klik tanda panah ke bawah, disitu banya pilihan bingkai yang bisa kita pilih. Klik salah satunya.




Untuk mengatur besar kecilnya ukuran border tinggak klik pada kolom Width, namun ukuran ini dibatasi maksimal 31 pt.




Apa bila kita menginginkan bingkai ada pada setiap halaman, atau hanya halaman pertama saja, maka anda harus mengesetnya pada kolom Applay to. Disitu ada 4 pilihan, whole document (dibuat pada semua dokumen), this section (hanya bagian ini saja),  First page only (hanya halaman pertama saja), All except first page (semua halaman kecuali halaman pertama).



Nah sekarang anda sudah bisa membuat bingkai yang cantik. Jika anda ingin melihat tutorialnya dalam bentuk video silahkan klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=H0BkJUCWbJs


Selamat belajar, semoga bermanfaat.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar