2/10/2020

BELAJAR COREL BAGI PEMULA

Sekarang ini program desain grafis yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah Corel Draw. Memiliki kemampuan dan pemahaman tentang program ini tentu akan menjadi nilai tambah untukmu. Terutama bagi kalangan yang bergerak di dunia grafis (Industri Kreatif) atau bagi mereka yang sekedar ingin mengerjakan tugas sekolah.
Disini saya tidak akan membahas dan mengajarkan cara-cara menguasai Corel Draw dengan njelimet atau ribet. Saya hanya akan mengambil poin-poin penting yang sering digunakan dalam dunia desain (Sesuai pengalaman pribadi).
Langkah pertama tentu saja kita harus punya program Corel Draw di PC/Laptop kita, saya sarankan sih pake PC aja karena lebih nyaman. Tapi kalo memang terpaksa pake laptop tidak apa lah. Karena disini saya akan membahas poin-poin penting saja maka saya tidak menentukan kita harus memakai Corel Draw seri berapa (Bebas) karena dasar-dasar ini ada pada semua seri Corel Draw.
Perlu diketahui, semakin tinggi seri Corel Draw yang kita gunakan maka semakin lengkap pula filtur-filtur yang ada, tentu saja harus dibayar dengan besarnya memory yang harus digunakan, atau bahasa awamnya makin tinggi serinya maka makin berat beban computer untuk bekerja alias lemot.
Kita mulai belajar yuk, buka program Corel Draw, kemudian buka lembar baru klik File – New – Tentukan jenis kertas yang akan kita gunakan, untuk lebih mudahnya pake pilihan yang udah ada yaitu A4 (kwarto).
Nah seperti ini hasilnya, Eh jangan panik kalo tampilah corel anda dengan saya beda karena memang beda seri corel tampilan agak berbeda dikit. Disini saya pake Corel X7. Tapi jangan kuatir saya hanya akan membahas point-poin penting aja yang ada pada semua seri corel.


Nah hanya bagian yang saya kasih nomer warna merah saja yang akan saya bahas untuk menguasai dunia setting. Karena bagian ini yang paling sering digunakan dalam dunia desain. Meskipun sebenarnya makin banyak filtur yang anda kuasai maka makin mahir pula kemampuan anda.
Mungkin bagian-bagian itu akan saya bahas dengan video tutorial yang akan saya buat, untuk sementara bagian tanda merah saja yang cukup kita pelajari. Jika anda bisa menguasainya maka anda sudah siap untuk membuat desain sederhana.
Kita mulai dari bagian paling atas,


Nomer 1 dan 2 digunakan untuk mengatur posisi kertas, Portrait dan Landscape, untuk bagian 3 itu satuan untuk ukuran yang kita gunakan, untuk mengubahnya silahkan klik pada tanda panah pada bagian kanannya.



Nomer 4 yaitu Pick Tool, digunakan untuk memilih atau seleksi benda atau objek. Boleh dibilang ini cursornya corel.
Nomer 5 yaitu Shape Tool, digunakan untuk mengedit curve (Bagian sudut objek), Shape tool ini bisa digunakan untuk menghapus dan menambah curve.


Nomer 6 yaitu Zoom Tool digunakan untuk memperbesar (+) dan memperkecil (-) tampilan.
Nomer 7 yaitu Pen Tool, ini untuk membuat garis, jika kita klik dan tahan pada ikon ini maka akan muncul beberapa pilihan, tapi disini kita cukup mempelajari 3 bagian yang saya lingkari.




Pertama Freehand, digunakan untuk membuat garis bebas dengan cara klik tahan dan silahkan bikin pola yang anda inginkan. Garis akan mengikuti gerakan mouse anda.



Kedua Bezier, garis yang dibuat akan selalu lurus, dan setiap kita klik maka akan muncul curve yang saling terhubung.


Yang ketiga Pen, digunakan untuk membuat garis yang bisa melengkung dengan arah lengkungan yang bisa kita atur.



Silahkan dicoba berulang-ulang untuk memahami fungsinya masing-masing.

Kemudian untuk Nomer  8, 9, 10 sesuai dengan gambarnya itu bisa digunakan untuk membuat kotak, lingkaran dan segi lima.
Untuk nomer 11 yaitu Teks Tool, sesuai dengan namnya, tool ini digunakan untuk membuat teks.
Nomer 12 Transparency, digunakan untuk membuat gambar menjadi transparan pada titik tertentu. Disini kita bisa menentukan seberapa tipis dan bagian mana yang akan dijadikan transparent.
Yang terakhir Nomer 13 Color Eyedropper, tool ini digunakan untuk menentukan warna atau menduplikat warna dengan cara mengklik bagian yang ingin kita duplikat dan meletakan (klik) pada bidang yang diinginkan.

Nah itu adalah kunci-kunci dasar jika ingin memiliki kemampuan untuk menguasai corel draw. Memang masih banyak tool-tool yang tidak saya bahas karena tidak semua seri corel memilikinya. Tapi saya yakin hanya menguasai tool-tool yang telah saya pilih tadi makan anda akan bisa membuat desain sederhana. Untuk lebih jelas dan mudah belajarnya, saya telah membuat video tutorialnya disini https://www.youtube.com/watch?v=KSi71YV3d10

Karena bagimanapun juga mengajarkan dengan praktek langsung itu lebih mudah dan cepat dipahami. Selamat mencoba dan jangan pernah berhenti belajar.




1 komentar: