9/30/2017

Cara Isi Ulang Tinta Stempel Warna/Flash


       Stempel flash atau Stempel warna adalah stempel yang biasa digunakan oleh masyarakat, dari kalangan individu, industri maupun perkantoran. Stempel ini digunakan tanpa menggunakan bantalan tinta, artinya stempel ini menyimpan tinta didalam karetnya. Stempel ini menggunakan karet khusus yaitu karet flash yang dapat menyerap tinta dan menyimpannya dalam waktu cukup lama.
       Dalam satu stempel flash, warna yang dihasilkan bisa lebih dari satu warna atau beberapa warna. Misalkan pada stempel sebuah toko, anda dapat membuat logo toko dengan warna yang berbeda dengan nama/alamat toko. Ini dapat dilakukan dengan teknik pisah warna (Memotong bagian warna yang berbeda).  Stempel warna flash ini juga menggunakan gagang khusus yang mempunyai penutup pada bagian bawahnya. Ini berguna untuk mencegah agar tinta pada karet stempel flash tidak cepat kering, juga berfungsi sebagai pelindung karet flashnya. Karena karet ini bisa rusak karena goresan/kotoran.
       Tinta yang digunakan stempel flash ini pun menggunakan tinta khusus yang jauh lebih mahal dari pada tinta stempel biasa. Ini yang menyebabkan harga jual stempel ini lebih mahal dari pada stempel kayu biasa. Tetapi kelebihan setempel ini adalah kita tidak perlu membawa botol tinta dan bantalan tinta, karena itu bisa merepotkan jika salah satunya lupa kita bawa alias lupa. Selain itu kita juga tidak perlu menekan/menempelkan stempel pada bantalan berulang ulang (buang-buang energi).
Nah disini kita akan bahas bagaimana cara mengisi tinta stempel flash yang  sederhana, sebenarnya sangat mudah sekali tapi semudah apapun itu jika kita memang belum tau ya pastinya membingungkan.  Pertama yang perlu kita siapkan adalah :
1. Tentu saja stempel flash yang tintanya sudah hampir habis (Catatan jangan biasakan menggunakan stempel flas sampai benar-benar habis, karena jika itu terjadi bisa dipastikan karet stempel akan cepat rusak) untuk itu segera isi tinta jika memang hasil stempel udah mulai menipis.
2. Tisu bersih (kering).
3. Tinta Stempel flash
4. Yang terakhir kertas kosong untuk mengetes hasil akhir. 


        Langkah pertama adalah letakkan gagang tinta stempel pada posisi terbalik, seperti ini :
Teteskan tinta sesuai dengan warna (Ingat usahakan jangan sampai tercampur antara warna yang berbeda)
Diamkan 3-5 menit (semakin cepat tinta terserap menunjukkan bahwa karet stempel dan tinta yang kita gunakan berkualitas baik).


Ulangi cara tersebut di atas hingga 2-3 x. Ingat maksimal 3 x ya, hal ini untuk menghindari karet terlalu basah yang mengakibatkan karet lepas dari lemnya.
       Setelah mengering bersihkan permukaan karet stempel dengan tisu kering, usap perlahan beberapa kali lakukan berulang ulang hingga benar benar bersih, kemudian coba stempel di kertas kosong beberapa kali hingga hasil stempel terlihat jelas dan sempurna.
       Sekian cara pengisian tinta stempel flash dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Anda juga bisa melihat video tutorialnya disini https://www.youtube.com/watch?v=ish_Y_OzA_4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar