11/07/2016

CARA MEMBUAT KOP SURAT DI SETIAP HALAMAN



KOP SURAT

Sering kali kita membaca atau menerima surat dengan kop yang tertera di bagian atas surat. Jika surat tersebut merupakan  surat resmi sudah pasti akan menggunakan Kop atau kepala surat. Kop surat biasanya berisi logo, nama perusahaan, instansi atau lembaga, alamat, nomor telepon dan kadang juga alamat email atau website resmi perusahaan dan bahkan ada yang memasukkan semboyan dalam Kop Surat resminya.
Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu, hal ini untuk menunjukan kredibilitas isi surat tersebut . Itu sebabnya pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya tersebut. Tapi apakah sulit membuat sebuah kop surat? Jawabanya tentu saja TIDAK

Cara paling mudah membuat kop surat adalah melalui Microsoft Word, tutorial ini akan menuntun Anda yang belum pernah membuat kop surat. Saya menggunakan Microsoft Word 2007.
Untuk membuat kop surat perusahaan atau instansi, anda dapat mengikuti cara pembuatan berikut.
1.      Buka dokumen baru

 

                
  2.   Siapkan logo perusahaan/instansi dalam format gambar (jpg, gif, png dll). Masukan logo dengan langkah :
Insert – Picture – Cari file logo di komputer – Insert


  3.  Kemudian ketikan nama perusahaan atau instansi, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya disebelah kanan kop. Jangan lupa setting margin atas (Top) dokumen menjadi 1 cm. 




  4.  Setelah urusan teks dan logo selesai, sekarang kita ingin membuat garis di bagian bawah kop sebagai pembatas. Caranya, di paragrap terakhir kop, enter satu kali agar ada satu baris kosong.
Insert – Shapes – line (Saat menarik garis tekan shift agar garis menjadi lurus)

Warna dan ukuran garis bisa di setting lewat
Format – Shape Outline – Weight (tentukan ukuran sesuai keinginan anda)




  5.   Langkah terakhir agar kop kita ada disetiap halaman caranya :
Blok semua (logo, texs dan garis)  – home – cut – insert –header (pilih blank) – paste file – kemudain close


 Lihat hasi akhirnya :

setiap kali anda ganti halaman makan secara otomatis kop akan selalu ada disetiap halaman.

  6.   Terakhir simpan file dengan nama yang sesuai (nama kop perusahaan anda atau yang menunjukan identitas instansi anda)

Demikianlah tutorial membuat kop surat menggunakan Microsoft Word 2007. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorial ini
https://www.youtube.com/watch?v=o0u58wupLQY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar