4/13/2016

Cara Membuat Nametag Acrilik

Semakin banyaknya instansi-instansi yang ada di Indonesia, dari swasta maupun pemerintahan, makin banyak pula jenis aneka bahan yang digunakan untuk membuat nametag, dari kuningan, tembaga, akrilik dll.
Yang akan saya bahas di sini adalah cara membuat nametag dengan bahan acrilik. Selain harga yang murah hasilnya juga memuaskan, karena tidak ada batasan warna. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ;
1. Acrilik bening (1,5/2 mm),
2. Pikalon hitam, pilok clear, pilok putih
3. Peniti plastik dan lem fox. Semua bahan ini mudah didapatkan di toko-toko sablon.




Bahan Nametag

Pertama-tama buatlah setting nametag yang akan dibuat dengan ukuran standar 8 x 2 cm. Karena bahan yang kita buat bisa di print maka tidak ada batasan warna untuk nametag akrilik, ini salah satu kelebihan dibandingkan dengan bahan kuningan atau bahan metal lainnya.

Lalu print dengan menggunakan kertas biasa untuk sekedar koreksi/pembetulan jika ada kesalahan, karena hal seperti ini sering terjadi kesalahan (berdasarkan pengalaman pribadi). Kalo udah jadi baru dicek itu namanya nasi sudah menjadi bubur.
Setelah semuanya ok dan tidak ada kesalahan, print settingan yang sudah ada menggunakan stiker transparant, bisa menggunakan produk blue print ataupun premium, terserah apa yang ada karena kualitasnya sama-sama bagus. Jangan lupa print menggunakan tinta pigmen/art paper. Karena kualitas tinta mempengaruhi berapa lama produk kita bisa bertahan.
Oh ya print dengan posisi miror atau terbalik.

Biarkan beberapa saat hingga hasil print benar-benar kering, kemudian kupas kertas stiker dan tempelkan stiker ke permukaan acrilik yang sudah dipotong dengan ukuran 8 x 2 cm dengan posisi terbalik (stiker ada dibelakang acrilik).
Pelan-pelan saja karena kalo nempelnya miring hasilnya juga miring donk. Atau tempelkan tapi jangan ditekan dulu, jadi kalo miring bisa dikupas lagi, yang penting hati-hati aja. Setelah merasa pas, tekan stiker dan pastikan tidak ada gelembung udara, kemudian semprotkan pilok clear untuk melindungi permukaan stiker biar tinta benar-benar awet dan tahan lama. Setelah cat clear kering, semprotkan pilok putih untuk memberikan warna baground. Karena sampai sekarang belum ada printer dengan tinta putih, jadi ya harus pake pilog sebagai baground, lakukan 2 kali dengan jeda waktu minimal 15 menit agar hasil semprotan benar-benar bagus dan rata. Tunggu kira-kira setengah jam hingga cat pilok benar-benar kering, lalu oles dengan lem fox ke permukaan pikalon dan stiker yang udah kita semprot dengan pilok putih. Biarkan selama 5 menit agar lem agak mengering dan siap ditempel (Ingat jangan langsung tempel lem karena lem fox kalo ditempel dalam kondisi basah kekuatan daya rekatnya berkurang) biarkan lem merekat selama 15 menit (kalo bisa kasih beban/ditekan), lalu tempelkan peniti pada bagian belakang.

Jadi deh. Selamat mencoba…………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar