Sekarang ini banyak sekali instansi
pemerintah maupun swasta yang melakukan perekrutan karyawan dengan meminta
pelamar mengirimkan lamaran melalui email. Tentu saja format yang dikirimkan
harus berupa file PDF.
Sebagian besar masyarakat masih
bingung bagaimana harus membuat format PDF, sebagian hanya tahu cara scan saja.
Karena file-file yang diminta sebagian harus discan dulu, seperti KTP, Ijazah,
Sertifikat dan lain-lain.
Nah dalam
pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara menggabungkan file hasil scan
menjadi 1 file dalam format PDF dengan program Microsoft Word.
Langkah pertama tentu saja buka dulu program Microsoft Word,
disini saya menggunakan Microsoft Word 2013.
Masukan file satu persatu sesuai dengan urutan dengan cara
clik menu INSERT - pictures – cari file
hasil scan
Masukan satu persatu, agar file hasil scan mudah
digesert/diubah ukurannya klik file dan ubah menjadi In front of Text.
Setelah semua file dimasukan dengan urutan yang benar, lalu
klik menu FILE – Export – Create PDF/XPS.
Kemudian simpan file (tentukan lokasi penyimpanan) – Publish
Nah sekarang file udah jadi format PDF, kita cek hasilnya
akan seperti ini
Selamat mencoba, jika ingin melihat tutorial dalam bentuk
video silahkan klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=94yc0scweBk
Jangan pernah berhenti belajar, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar