3/08/2020

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Benar





Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bagi para mahasiswa dan pelajar yang sebentar lagi lulus dan ingin mencari pekerjaan, pasti akan dipusingkan dengan bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan. Tapi ada juga orang yang sudah berpengalaman kerja juga kesulitan membuat surat lamaran karena sudah lupa. Surat lamaran kerja sangatlah penting karena setiap perusahaan atau instansi yang akan merekrut tenaga kerja, pasti akan meminta sejumlah berkas persyaratan kepada pelamar. Salah satunya adalah daftar riwayat hidup atau curriculum vitae.

Daftar riwayat hidup adalah hal yang paling diperhatikan oleh HRD perusahaan. Sebab dengan membaca Daftar riwayat hidup para calon karyawan mereka akan tau siapa orang yang akan mereka rekrut. Jadi alangkah baiknya jika kita membuat Daftar Riwayat Hidup yang menarik

Membuat daftar riwayat hidup sebetulnya gampang-gampang susah, bagi yang sudah pernah mungkin mudah, tapi bagi yang belum pernah sama sekali itu akan membuat pusing 7 keliling.

Disini saya akan mulai mengajarkan cara membuat daftar riwayat hidup yang rapi dan menarik

Pada bagian pertama adalah : DATA PRIBADI

Tulis keterangan identitas anda, nama (Jangan disingkat), jenis kelamin, tempat tanggal lahir, Alamat, agama, status dan Nomor yang bisa dihubungi.

Bagian kedua : Pendidikan

Tulis tingkat pendidikan Anda mulai dari Sekolah Dasar hingga pendidikan terakhir tapi bisa juga dimulai dari SMP – Bangku kuliah. Sertakan tahun lulus. Apa yang anda tulis disini harus diperkuat dg FC ijazah terakhir pendidikan jadi tidak boleh ngarang atau asal tulis.
Jika Anda mempunyai pendidikan Informal (pendidikan diluar sekolah), misalnya khursus computer, Bahasa asing dan lain-lain. Maka keterangan itu bisa anda sertakan dengan melampirkan bukti sertifikat yang ada.

Bagian ketiga adalah : Pengalaman Kerja

Jika Anda mempunyai pengalaman kerja, tuliskan semua pengalaman kerja yang pernah anda jalani, dengan mulai dari pertama hingga yang terakhir dijalani. Dan jangan lupa tuliskan tahun masuk dan keluar serta tulis juga keterangan dibagian apa anda bekerja.

Bagian keempat adalah : Kemampuan atau skill
Berikan keterangan tentang kemampuan apa saja yang anda miliki agar perusahaan lebih yakin dengan kemampuan anda.

Bagian kelima adalah : Keterangan tambahan
Keterangan tambahan ini bisa berisi tentang Medsos anda atau hobi yang anda sukai, karena banyak juga persuahaan yang ingin mengetahui secara mendetai data pribadi calon karyawannya.

Nah udah jelaskan, yang perlu diingat wajib dipatuhi jangan pernah berbohong dalam nemberikan keterangan, tulis dengan jujur dalam mengisi informasi daftar riwayat hidup, sesuai dengan pengalaman hidup yang sebenar-benarnya, karena kebohongan hanya akan melahirkan kebohongan baru untuk menutupinya. Heheheheh…… sok alim banget.

Sekian dulu dari saya, jika ingin lihat video tutorial membuat Daftar Riwayat Hidup yang keren silahkan klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=11591zo3JYM

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar